TUGAS TULISAN 3 : PERILAKU EKONOMI
MATKUL : TEORI ORGANISASI UMUM 2
1. Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan seseorang yang akan melakukan aktivitas atau berhubungan dalam pencarian, pembelian, pemilihan, dan juga pengevaluasian produk dan jasa dalam kegiatan pemenuhan peng-konsumsian untuk memenuhi dan juga memuaskan kebutuhan mereka .
2. Komunikasi dalam perilaku konsumen
Teori perilaku konsumen dapat dibedakan dalam dua macam pendekatan yaitu pendekatan nilai guna (utiliti) dan pendekatan nilai guna ordinal.
Dalam pendekatan nilai guna utiliti dianggap manfaat atau kenikmatan yang diperoleh seorang konsumen dapat dinyatakan secara kuantitatif. Berdasarkan kepada pemisalan ini, dan dengan anggapan bahwa konsumen akan memaksimalkan kepuasan yang dapat dicapainya, diterangkan bagaimana seseorang akan menentukan kosumennya atas berbagai jenis barang yang terdapat dipasar. Dalam pendekatan nilai guna ordinal,manfaat atau kenikmatan yang diperoleh dari masyarakat yang dikonsumsi barang-barang tidak dikuantifikasi.
Tingkah laku seorang konsumen untuk memiliki barang-barang yang akan memaksimalkan kepuasan ditunjukan dengan bantuan kurva kepuasan sama, yaitu kurva yang menggambarkan gabungan barang yang akan memberikan nilai guna (kepuasan yang sama).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar