Selasa, 29 April 2014

Cara Efektif Menghilangkan Rasa Pedas



Makanan pedas memang sudah menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Karena rasa pedas itu sendiri bisa menggugah selera makan menjadi lebih naik. Buat orang yang pernah makan pedas baik yang doyan pedas maupun tidak pasti juga pernah merasakan kepedasan atau sensasi terbakar yang ingin dihilangkan. Berikut tips-tips apa saja yang bisa menghilangkan rasa pedas.

1. Susu
Ketika anda menyantap makanan favorit dan rasa pedas menghampiri anda, maka cobalah untuk meminum susu, sebab susu termasuk salah satu minuman lemak yang memiliki kandungan senyawa casein, yaitu senyawa yang bisa mengikat senyawa capsacin sehingga sangat efektif untuk menghilangkan rasa pedas dalam mulut.


2. Lemon (Minuman Asam)
Ketika memilih menu makanan pedas, maka cobalah juga untuk memesan atau menyediakan munyman yang memiliki kandungan asam seperti lemon squash atau jeruk. Sebab rasa asam yang dihasilkan dari buah-buahan tersebut bisa membantu menghilangkan senyawa capsaicin penyebab rasa pedas tersebut.

3. Nasi atau roti
Nasi atau roti juga bisa dipakai sebagai alternatif untuk menghilangkan pedas. Karena nasi dan roti mengandung glukosa yang bisa menyeimbangkan rasa pedas dalam mulut. Namun Anda tidak perlu mengunyah sepiring nasi atau roti banyak-banyak cukup ambil sedikit lalu kunya pelan-pelan hingga rasa pedas hilang baru telan.


4. Minum air hangat
Daripada anda memilih minuman dingin untuk menghilangkan rasa pedas, kebih baik anda memilih air hangat atau panas, sebab air dingin malah akan membuat rasa pedas lebih betah berada di dalam mulut. Konsumsi lah air hangat atau panas, baik dalam bentuk air putih biasa, teh atau susu hangat.


5. Mentimun

Mentimun termasuk buah-buahan yang memiliki kadar air cukup banyak serta memiliki kandungan-kandungan lain yang bisa membantu menetralisir rasa pedas.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar