Selasa, 29 April 2014

Olahraga yang cocok dilakukan saat menstruasi


Ketika perempuan mengalama menstruasi biasanya tidak sedikit dari mereka yang malas untuk berolahraga. Hal ini mungkin disebabkan karena kondisi fisik yang lemas dan kurang nyaman untuk olahraga.
 
Tidak sedikit juga yang menyarankan bahwa  ketika menstruasi wanita disarankan agar jangan berolahraga. Akan tetapi, ternyata olahraga juga sangat dibutuhkan oleh wanita selama masa menstruasi. Hal ini disebabkan karena olahraga dapat membantu sirkulasi darah dalam tubuh, mengurangi kram perut, serta mengurangi perut kembung karena menstruasi.

Lalu apa saja olahraga yang cocok dilakukan saat menstruasi? Berikut beberapa olahraga yang baik dilakukan saat menstruasi.
  1. Jalan kaki
    Berjalan kaki memang kelihatan sangat simple dan gampang, namun manfaat yang dihasilkan sangat bagus. Sebuah penelitian menyatakan bahwa berjalan kaki minimal 3-5 kali dalam durasi 30 menit dalam sehari bisa menghindarkan Anda dari depresi. Selain itu tubuh Anda pun akan semakin sehat, bugar,  dan terlihat segar. Pada saat Anda menstruasi cobalah luangkan sedikit waktu untuk berjalan kaki minimal 10 menit dalam sehari agar tubuh tetap sehat dan bugar sehingga tetap semangat menjalankan aktifitas.
  2. Lari pendek
    Lari-lari dalam jarak yang pendek atau jogging bisa membantu mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Lari-lari kecil juga bisa membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan hormon endorphin yakni hormon yang bisa meningkatkan rasa mood yang kurang stabil. Pada saat olahraga atau pun setelahnya  pastikan Anda untuk mengkonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terjaga asupan cairannya.
  3. Aerobik
    Melakukan olahraga aerobik merupakan olahraga yang santai dan rileks. Buat lah suasana yang senyaman mungkin, Anda bisa sambil mendengarkan musik kesayangan ketika olahraga. Olahraga ini juga sanga bagus untuk meningkatkan mood yang kurang bagus, meningkatkan sistem imun tubuh, serta membantu Anda untuk tetap semangat dalam beraktifitas walaupun sedang menstruasi.
  4. Yoga
    Olahraga ini sangat baik bagi Anda yang sering mengalami nyeri pada saat haid. Anda bisa mengkombinasikan gerakan sesuai kemampuan tubuh Anda. Namun, gerakan membalikkan badan yakni kaki di atas kepala di bawah sangat tidak disarankan untuk dilakukan selama menstruasi. Selain itu yoga juga bisa menjadikan tubuh lebih rileks dan mood menjadi stabil.
  5. Pilates
    Olahraga yang dikenal untuk membantu tubuh tampak kencang dan ideal ini ternyata juga sangat cocok dilakukan ketika menstruasi. Gerakan pilates sangat bervariasi sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda tinggal menyesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda gerakan mana yang bisa Ada lakukan.
Demikianlah artikel tentang olahraga yang cocok dilakukan saat menstruasi yang bisa jadi alternatif bagi Anda ketika sedang menstruasi.  Ada sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa olahraga saat menstruasi bisa meningktakan produksi asam laktat dalam tubuh untuk membantu proses pembakaran lemak sehingga tubuh tetap sehat, bugar, dan fresh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar