Rabu, 18 Juni 2014

Hal-Hal Bahagia Yang Terlewatkan Jika Kecanduan Smartphone

Anda makin cinta dengan smartphone dan makin sering menunduk menatap layarnya? Coba baca dulu artikel ini, karena banyak kebahagiaan yang hilang karena kecanduan smartphone. Dilansir oleh Huffingtonpost.com, inilah beberapa kebahagiaan yang sering hilang.


Tidak bisa menikmati hidup yang tenang seperti 10 tahun lalu

Mau tidur update status, bangun tengah malam masih sempat cek sosmed, bangun tidur yang diambil duluan handphone. Mau malam mingguan, pacar menggandeng tablet, Anda menggandeng smartphone. Duh..

Tidak menjadi diri sendiri

Saat orang-orang memposting foto pakaian vintage yang keren, Anda terobsesi melakukan hal yang sama. Padahal itu bukan gaya Anda, hanya ikut-ikutan saja supaya tidak dianggap nerd dan supaya Anda dapat banyak like. Padahal semua itu semu, Anda bahkan tidak kenal langsung siapa saja mereka.

Senyum dari secret admirer tidak terasa

Coba Anda letakkan dulu sebentar smartphone saat jalan-jalan atau makan, pasti ada beberapa pria yang melirik atau memberikan senyum manis pada Anda. Sayangnya, makin banyak wanita yang menunduk pada smartphone-nya ketimbang membalas senyum mereka.

Makan jadi tidak nikmat

Mau makan harus difoto dulu, ambil dari sudut terbaik agar tampak keren di Instagram. Akhirnya, makin banyak orang yang memesan makanan karena penampakannya bagus, tapi rasanya belum tentu. Belum lagi, selera makan kadang  berkurang  dibandingkan jika Anda menikmati makanan dulu tanpa harus memotretnya dari berbagai sudut. Belum lagi harus membalas Line, BBM dll saat makan. Maka makan tak lagi terasa enak.

Romantisme makin hilang

Banyak pasangan yang duduk berdua dalam meja makan, berhadapan, tapi saling memegang smartphone masing-masing. Lebih parah lagi kalau main game dalam suasana ini Bandingkan dengan ayah ibu Anda saat pacaran dulu, mereka saling menatap, memegang tangan, menyuapkan makanan, dan semua itu makin tergerus oleh kesibukan (tak perlu) yang disebabkan oleh smartphone.

Waktu ngobrol berkurang

Karena waktu untuk smartphone lebih banyak, bisa dipastikan waktu mengobrol berkurang. Silakan Anda tanyakan pada diri Anda sendiri.

Menjauhkan dari orang yang menyayangi Anda

Smartphone pada akhirnya menjadi benda yang mendekatkan orang yang jauh, namun juga menjauhkan orang yang dekat dengan Anda. Coba cek pada diri Anda sendiri, sudahkah waktu untuk orang di dekat Anda sebanding dengan orang-orang yang terhubung dengan smartphone Anda? Jangan sampai mereka yang nyata ada di sekitar Anda terlupakan.

Smartphone memang bisa memudahkan hidup, namun tetaplah bijak menggunakannya. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar