Sabtu, 28 Juni 2014

Strategi Manajemen Waktu Agar Sukses di Usia 20-an

Usia 20-an adalah usia yang tergolong usia paling produktif yang dimiliki oleh seorang manusia. Bahkan, penentu sukses tidaknya karir seseorang itu ditentukan dari kemampuan mengatur waktu yang dikuasai dan sudah dilakukan sejak usia 20-an. Jika Anda ingin bisa memiliki karir yang sukses gemilang di masa yang akan datang, jangan lewatkan cara terbaik untuk mengatur waktu yang dirangkum dari businessinsider.co.id berikut ini.

Waktu adalah Prioritas
Sebenarnya kita ini tak pernah kekurangan apalagi kehabisan waktu. Jika kita tidak bisa menyelesaikan sesuatu sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan, itu karena kita tak menganggapnya penting atau cukup menyenangkan untuk dilakukan. Kadang kita merasa bahwa jadwal kita sangat padat. Tetapi cobalah untuk mengatur waktu untuk benar-benar fokus bekerja dalam waktu empat hingga lima jam saja per hari. Dengan cara ini, kita bisa memusatkan energi kita dan menghabiskan waktu dengan lebih efektif.

Bekerja dan Bersantai di Saat yang Tepat
Saat kita sedang berada dalam "zona" atau sedang bersemangat, kita bisa menghabiskan waktu 12 jam penuh untuk bekerja. Tapi ada saat-saatnya kita akan merasa sulit untuk fokus dan akan lebih baik jika kita coba untuk bersantai dan tidak memaksakan diri. Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh anak-anak muda saat ini adalah melakukan banyak hal dalam satu waktu. Melakukan banyak hal atau multitasking hanya akan menghilangkan fokus Anda. Akibatnya, Anda akan cepat lelah dan gagal memenuhi semua target.

Lebih Produktif dengan Waktu yang Terbatas
Agar bisa lebih produktif dan bisa menyelesaikan semuanya tanpa harus membuang banyak waktu, buat jadwal dan batasi waktu yang akan Anda habiskan untuk setiap pekerjaan. Jika masih terasa berat, awali hari Anda dengan melakukan pekerjaan atau tugas-tugas kecil dan ringan. Jangan terlalu terbebani dengan keinginan untuk menyelesaikan segala sesuatunya dengan sempurna. Lakukan saja dulu, nanti dalam prosesnya kita bisa menyempurnakan segalanya dengan lebih baik.

Jangan Takut Akan Tekanan
Produktivitas yang baik itu bisa didapat dengan mempersingkat waktu yang kita gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Maksudnya adalah jangan takut untuk menekan diri Anda melakukan dan menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang lebih singkat. Tak perlu menunggu, misalnya, suasana hati atau perasaan lebih baik dulu baru bisa mulai mengerjakan pekerjaan Anda. Selalu buat tenggat waktu untuk setiap pekerjaan Anda. Intinya adalah selalu bisa membuat prioritas, mana yang lebih dan harus didahulukan dan mana yang masih bisa dikerjakan nanti. 

Selalu Catat Semuanya
Kita tak mungkin bisa mengingat semuanya. Jadi cara yang paling mudah adalah dengan selalu mencatat semua jadwal. Jika ketika bekerja, tiba-tiba ada ide atau inspirasi baru yang datang, langsung catat saja.


sumber

1 komentar: