Sabtu, 28 Juni 2014

Tips Mudah Mendapat Pekerjaan Untuk Fresh Graduate




Anda baru saja lulus kuliah atau sedang menunggu wisuda dan bersemangat mencari kerja? Banyak lulusan yang mengeluh susah dapat kerja, padahal jika Anda tahu triknya, semua hal bisa mudah. Ada beberapa hal di luar nilai, ijazah dan menulis surat lamaran kerja yang harus Anda perhatikan.

Dilansir oleh forbes.com, inilah hal-hal yang harus Anda perhatikan jika sedang mencari kerja, khususnya bagi Anda yang masih berstatus fresh graduate atau baru lulus.

Perluas Koneksi

Coba tanyakan pada teman-teman Anda yang berusia sekitar 5 tahun di atas Anda, kebanyakan akan mengatakan bahwa mereka dapat pekerjaan dari teman, kenalan, saudara dan sebagainya. Memang tidak menutup kemungkinan Anda mendapat pekerjaan dari iklan atau job fair, namun banyaknya koneksi akan semakin memuluskan jalan Anda, karena biasanya mereka yang tahu info lowongan pekerjaan sebelum disebarkan di iklan atau job fair.

Ambil Kesempatan Yang Ditawarkan

Banyak lulusan yang tidak mau bekerja jika tidak searah dengan jurusan saat kuliah. Ini kembali lagi pada Anda, karena kadang dunia kerja sangat berbeda jauh dengan bangku kuliah, bahkan jika pekerjaan Anda masih sealur dengan jurusan, Anda tetap harus belajar lagi. Maka jangan sia-siakan kesempatan yang ada di depan mata.

Percaya Diri

Sebagus apapun nilai Anda, ketika wawancara dilakukan, maka nilai tertinggi adalah dari rasa percaya diri Anda. Terlalu diam akan mengesankan Anda tidak percaya diri dan tidak dapat diandalkan, namun terlalu percaya diri akan membuat Anda tampak angkuh dan sulit mengikuti peraturan. Makan buatlah diri Anda percaya diri dalam kadar yang pas.

Perhatikan Tingkah Laku Anda

Jangan lupakan bagaimana sikap Anda. Perusahaan tidak hanya menilai hasil tes atau kinerja Anda, tetapi juga tingkah laku, apalagi selama masa percobaan. Beri sapaan pada atasan dan teman kerja Anda. Jangan lupa mengucapkan "Tolong", "Terima kasih", dan "Maaf". Ingat, sikap Anda menentukan apakah perusahaan akan terus bekerja dengan Anda, atau berhenti walaupun nilai tes Anda memuaskan.

Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk Anda dan semoga Anda mendapat pekerjaan yang didambakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar