Selasa, 17 Juni 2014

Tips Menyeimbangkan Antara Karir Dan Kehidupan Pribadi




Makin dewasa dan mengenal dunia kerja memang bisa membuat kita merasa kadang tak punya waktu. Padahal mungkin kita punya banyak uang.
Hal ini biasanya terjadi karena tak ada keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi. Masalah kerja dibawa pulang ke rumah sehingga pikiran Anda penuh dan mudah stres. Untuk menghindarinya, lakukan hal ini.

Atur Waktu
Pastikan jatah waktu yang Anda gunakan untuk mengerjakan sesuatu, bertemu teman, meeting hingga waktu nyalon sendiri. Saat semua terasa penting, coba jadwalkan berapa jam Anda harus ada untuk kegiatan tersebut. Ini membuat Anda belajar memanage dan menggunakan waktu secara efisien.

Jangan Bawa Masalah Kantor Ke Rumah
Jangan bawa pekerjaan ke rumah. Matikan notifikasi email kantor. Anda berhak beristirahat setelah seharian bekerja. Pun saat di kantor, jangan bawa pikiran dari rumah. Nggak enak juga kan kalau Anda cemberut di kantor karena masalah rumah atau cemberut di rumah karena masalah kantor?


Fokus
Untuk menghindari rasa malas, fokus pada yang harus Anda lakukan. Dengan demikian pekerjaan akan cepat selesai, sebanyak apapun itu. Cobalah untuk lebih tegas atau asertif bila banyak orang yang lalu lalang dalam jam kerja atau job desc, padahal Anda dikejar deadline. Maka Anda tak akan terlambat pulang ke rumah dan selesai pekerjaan tepat waktu.

1-2 Hari Untuk Anda Dan Keluarga
Setelah 5-6 hari bekerja, coba untuk luangkan waktu buat Anda sendiri atau keluarga. Entah itu kencan, karaoke, makan bersama, piknik atau sekedar malas-malasan di rumah. Berada dengan orang tersayang juga bisa membuat Anda re-charge kembali.

Tidur Cukup
Cara termudah untuk bisa tetap semangat adalah jangan menyalahi jam tidur Anda. Kurang tidur bisa membuat Anda sensitif pada masalah kecil. Wajah juga nampak berlipat-lipat di rumah maupun di kantor.
Ambil liburan bila perlu. Semoga tips ini bisa membantu Anda mengurangi stres dan tetap semangat di kantor maupun di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar